Wednesday, May 9, 2012

#INDOSINGLESCLUB - Edisi Mei

INDO SINGLES CLUB #MEI





1. Fingerprint | Medan | Recommended by: @wavezine
FINGERPRINT terbentuk pada Pertengahan Bulan Agustus Tahun 2003 di Medan. TepatNya dimulai dari salah satu Komunitas Hardcore terbesar di Medan yaitu 742 Land. Dengan Konsep Metal Hardcore, Fingerprint Mendapat Perhatian Lebih dari Media Media dan dukungan dari sekeliling teman teman. Sehingga sampe sekarang Fingerprint masih bertahan walaupun sudah beberapa kali ganti personil, yang mengakibatkan terlambatNya Proses produksi dalam Mengembangkan Materi lagu. Single ”JIWA YANG HILANG” mendapat Respon Positif dari beberapa pecinta Metal, tentuNya ini hasil kerja dari : Putra (Vocal), David (Guitar), Bhagol (Bass), Rio (Drum - From Medan’s Finest Deathmetal Band, Foredoom).
2. My Violaine Morning | Bandung | Recommended by: @gigsplay
my violainé morning sebuah nama yang timbul dari explorasi beberapa pengusung jenis musik my violaine morning sebelumnya yang beberapa diantaranya mencoba menguak sisi kehidupan yang terbengkalai dan terlupakan. Disisi lain my violaine morning mencoba untuk tidak hanya menyajikannya dalam nuansa yang gloomy dan seperti para pendahulunya, my violainé morning mencoba membuat harmonisasi sound dan letupan-letupan distorsi, clean delay dengan irama yang dinamis pada setiap lagunya, dengan di latar-belakangi sonic scene era 90 awal maka akan terdengar harmonisasi guitar yang terlebur menjadi satu.
my violainé morning terkesan mengabaikan vocal? Mereka tidak memberatkan vocal karena mereka mencoba mengilustrasikan isi lagu mereka lewat harmonisasi sound yang terdengar aroganis yang akhirnya terkesan mengesampingkan suara si vokalis itu sendiri. Jika kita telusuri awal dari latar-belakangnya musik mereka mungkin akan teringat oleh kita bagaimana Robin Guthrie (Cocteau Twins) dengan ambient clean sound yang kental dan delay-delay guitarnya yang menakjubkan, juga komposisi musik yang diciptakan Ride, Slowdive, dan My Bloody Valentine dengan leburan distorsinya.
 3. GRACE OF MESSIAH | Bali | Recommended by: @mavemagz
Grace of Messiah (GOM) terbentuk pada tanggal 18 november 2010 . Kita mengusung aliran Groove Metal sebagai basic kita dengan dipadukan aliran musik yang berbeda – beda dalam setiap lagunya sehingga membuat setiap lagu terkesan “membunuh” sesuai dengan band influence seperti Lamb of God, Slayer, Sepultura, Pantera, Anthrax. GOM terdiri dari 5 personil Vox - Wisnu, Guitar - Dede, Guitar - Adi, Bass - Gopala, Drum - Jayenk.
GOM aktif di scene underground sejak desember 2010 dengan single pertama yang berjudul Bertuhankan Manusia (yang kita aransment ulang di tahun 2012 ini menjadi sebuah lagu baru berjudul “Who’s Your God”, yang nantinya judul lagu tersebut akan menjadi nama Album pertama kami nanti).
 4. THE THRIVE | Samarinda Kaltim | Recomended by : @Abodmu
Terbentuk di Samarinda pada pertengahan bulan Mei 2010 tepatnya pada tanggal 20, band ini pada awalnya sering dan hanya meng’cover lagu-lagu band asal kota New York, yaitu “The Strokes” dan dengan modal itu lah kami mulai menjelajah satu demi satu gig’s dan event musik yang ada di Samarinda di mulai dari SILATURAHGIG’s , kemudian Garage Party part 2 dua-duanya di tahun 2010, lalu di tahun 2011 kami pun turut serta meramaikan “Kaltim Expo 2011”, acara ulang tahun “Radio PARAS FM” di bulan November 2011 dan terakhir “Kaltim Fair 2012” di bulan April. Seiring berjalannya waktu dan kreativitas yang mulai semakin menjadi-jadi, maka di tahun ini kami memutuskan untuk memulai membuat lagu sendiri dengan jerih payah kami sendiri… sekarang kami sedang mulai merekam beberapa materi lagu kami di EB studio recording, dan saat ini sudah mulai masuk pada tahap mixing, ya mudah-mudahan prosesnya dapat berjalan dengan lancar, sehingga di tahun 2012 ini kami sudah bisa merilis EP pertama kami, mohon doanya ya kawan.
5. SKANDAL | Yogya | Recommended by: @XYZ_Webzine
SKANDAL adalah sebuah proyek musik perselingkuhan dari gabungan beberapa personil band lintas genre yang ada di Yogyakarta. Dengan formasi Sidha (vox/hopeless/metalcore), Mario (guitar/serigala malam/hardcore), Bayu (guitar/sleepless angel/southern rock), Anom (bass/first time/hardcore), dan Aga (drum/nervous/indie rock). Bisa dikatakan ini adalah proyek alter ego dari mereka diluar konsep musik mereka yang dilakukan sebelumnya. 
Sepakat memainkan musik yang dipengaruhi oleh band-band seperti Pavement, Weezer, Fugazi dan band-band 90’s lainnya. Nuansa indie rock, alt-ish 90’s mungkin bakal terdengar dominan dari komposisi musik yang nantinya akan dihasilkan. Untuk departemen lirik, SKANDAL mencoba mengangkat tema kehidupan sehari-hari anak muda dengan dinamika dan keragamannya secara lugas. KAMI ADALAH SKANDAL, DAN KALIAN ADALAH PENIKMAT MUSIK. SELAMAT MENIKMATI MUSIK KAMI!
 6. SUKARAME | Pontianak | Recommended by: @Kobradio
Awalnya band ini namanya bukanlah Sukarame, melainkan Fatherland. musik yang di usung pun berirama Punkrock seperti NOFX, tapi karena merasa nama Band ini terlalu serius, maka pencarian nama band baru pun dimulai.
pencarian nama baru band ini tidaklah begitu sulit, karena pas hujan, Bayu dan Enu berteduh tepat di salah satu Gang perumahan, yang bernama Gang Sukarame. 
dan nama Sukarame ditetapkan sebagai nama band, karena nama ini sudah cukup mewakili ambisi semua personil band, yaitu cuma untuk bersenang senang bermain musik.
warna musik Sukarame pun berubah saat Dwi menciptakan Instrumen dan Bayu membuatkan lirik buat lagu itu yang berjudul Aclemehe. Dari aclemehe ini barulah warna musik sukarame berubah sepenuhnya dari Punkrock seperti NOFX menjadi seperti Musik Nirvana, tapi karena sering dikatakan mirip Nirvana, maka perubahan alur lagu pun sengaja diubah sedikit.
sampai Saat ini Sukarame telah menelurkan 1 album berjudul "E P I L E U G E", yang mana nama ini diplesetkan dwi dari kata epilog, yang berarti awal. dan awal mulai menelurkan lagu komplit yg sudah direkam.
 7. TANDUK RUSA | Jakarta | Recommended by: @KVLTMagz
Tanduk Rusa, Band asal Jakarta ini terbentuk pada 12 juni 2010, memainkan musik hardcore ala new school dengan influences seperti The ghost Inside, Bring me the horizon (album terbaru), Hatebreed, dan Everytime I die. Tanduk Rusa sendiri ber pondasikan oleh 4 pemuda bernama Muhammad Bombom Hafikar, Fahri abdillah, Muhammad Ashari, dan Faisal hendrajat. Saat ini Tanduk Rusa sedang dalam pengerjaan Album perdananya. Dan 1 single telah mereka rekam berjudul “Last blood to the end of day”
 8. KEEP IN DYING | Pekanbaru | Recommended: @depanMonitor
Terbentuk pada tanggal 20 Agust 2009 di Pekanbaru. beranggotakan Denny (voc), risky (gitar), Ryan (gitar / voc 2), luthfy (bass), handy sanny (drum). Band dari komunitas Vegas ini mengusung Genre Post HC. Sepak terjang mereka dikota bertuah juga sangat mengsankan, saat ini mereka sengan menggarap videoklip mereka. selamat mendengarkan :).
 9. FIGHTING FOR FREEDOM | Malang | Recommended by: @KANALTIGAPULUH
Fighting For Freedom (often abbreviated as FFF) stands in July 2010 at Malang city. Deliberately we choose the path of Hardcore New School and have different genres with other bands.
We stands to comment about politic in goverment with our music, sing about life and spirit, and try to change mind about hardcore is not false option. We ready to fight that's all with our music. 
10. BLACK STAR | Jakarta | Recommended by: @berisikradio
Berawal dari scene musik indie di Jakarta yang sedang terasuki aliran rock Britania yang sarat pengaruh band semacam Radiohead, Muse atau Coldplay di awal era tahun 2000an. Sekelompok pemuda dari kawasan Lebak Bulus mulai merambah dari panggung ke panggung membawakan lagu-lagu dari band-band tersebut.
Kematangan di panggung mereka peroleh melalui pengalaman bertahun-tahun itu dituangkan dalam sebuah album perdana yang dikerjakan dengan penuh totalitas, memadukan pengalaman dan kreatifitas untuk menghasilkan karya-karya yang memiliki ciri khas tersendiri di kancah musik Indonesia yang didominasi lagu-lagu pop monoton. Karena itulah, `Black Star` berupaya memberikan sesuatu yang lain dalam sentuhan musik alternatif beraroma Britania.

Contributor :
Medan @wavezine 
Bandung @gigsplay 
Bali @mave_magz 
Samarinda Kaltim @Abodmu 
Yogya @XYZ_Webzine 
Pontianak @Kobradio 
Jakarta @KVLTMagz 
Pekanbaru @depanMonitor
Malang @KANALTIGAPULUH 
Jakarta @berisikradio

Source : Soundcloud

No comments:

Post a Comment