Tuesday, May 8, 2012

JALAN DARAT TOUR 2012 | Via Speedy Trek

Tepat tanggal 23 Febuari pukul 20:30 rombongan Jalan Darat Tour berkumpul di gedung senam buaran di daerah jakarta timur siap berangkat menuju kota pertama dari Tour Jalan Darat 2012. Solo adalah kota pertama yang di singgahi rombongan Jalan Darat Tour 2012 Morfem, Jude, The Experience Brother’s bersama team produksi dan East Conspiracy sebagai promotor . Menempuh perjalanan selama 16 jam dari Jakarta menuju kota solo, sekitar jam 2 siang kita sampai di solo langsung menuju Solo Radio untuk interview radio jam 3 siang, setelah itu rombongan di bawa ke salah satu rumah makan khas solo. Yak timlo terasa aneh namanya makanan berkuah kecap untuk santapan siang kami. Dari timlo kita menuju venue space bar beteng untuk soundcheck dan menuju wisma temapat kami beristirahat.

Sekitar pukul 7 malam kita di jemput LO menuju venue, sesampainya di venue ternyata MC nya adalah salah satu dedengkot metal di Solo Ajie Down for Life yang juga komandan dari The Thing Organizer yang menghandel Jalan Darat Tour 2012 di solo. Ajie mengocok perut penonton dengen guyonan berbahasa jawa, banyak dari rombongan Jalan Darat ini bingung dengan bahasa jawa . Beberapa band pembuka Modern Age salah satu band garage rock yg berasal dari Jogyakarta di lanjut Sudennly Sunday yg ternyata juga berasal dari jogyakarta, The Budjang ikut meramaikan band pemenang Hai-Demos di Jalan Darat tour 2012 ini berasal dari Sala Tiga. Kemudian The Leon’s Labirynth band pop lokal solo yang menghajar stage.

Jude band pembuka dari rombongan Jalan Darat Tour ini yang berpakaian vintage 60-70’s ini pertama kalinya bermain di solo memainkan sekitar 7 lagu andalan termasuk singel mereka “mauku maumu”. The Experience Brother’s dou band dari bekasi mulai beraksi Bram Balladin sang vokalis mampur menghibur penonton di solo interaksi yang bangus di lagu “Kiss my ass dan she’s Allright” penonton sing along. Dan Morfem saatnya menghajar panggung band membawakan 10 lagu sing along dan memasmaskan suasana venue dengan cover lagu dari Black Sabbath yg bikin Ajie Down For Life kaget dan teriak dengan senangnya. Eiitss… setelah Morfem belum usai acara masih ada kolaborasi dari Morfem, Jude, The Experience Brother’s juga semua band lokal memainkan sebuah lagu berjudul A go go dari Dara Puspita. Kolaborasi ini menambah sempurnanya suasana penutuapan di akhir acara ini yang di hadiri sekitar 100-200an penonton yang memenuhi cafe.

Dari Solo kita melanjutkan perjalanan selama 3 jam ke kota Semarang sesampainya disana jam 9 pagi menuju Trax Fm untuk interview radio selama satu jam rombongan Jalan Darat berada di Trax’s Fm semarang bersama Cindy Md radio Trax. Bukan Sekedar EO wajah lama dengan nama baru adalah teman-teman yang mengorganize Jalan Darat Tour di semarang.  Wisma pertamina tempat kita beristirahat di kota Semarang sepertinya sudah banyak band indie metal maupun pop yang mampir di tempat ini. VIP cafe venue yang bertempat di jalan singosari semarang, kali ini ada beberapa band yang sangat familiar di kuping saya UK-Lunch, Octopuz, Lipstick Lipsing, Terror/Incognita dan Ok Karaoke ke lima band tersebut sepertinya jagoan pensi-pensi sekolah di semarang, juga di ramaikan salah satu band solo pemenang Hai demos Hot Afternoon bergenre Punk Rock. Jude mengawali show dari rombongan Jalan Darat Tour dan keriuhan terjadi teriak penonton memanggil JOE sang bassis yang ternyata alumni Undip artis hari ini, penonton pun sing along bersama Jude sampai akhir lagu,  The Experience Brother’s juga gak kalah aksi mereka disini sangat mengusai panggung dan Morfem pun menghajar panggung dengan waktu yang sangat sempit tanpa jeda dengan lagu 5 andalan membuat histeria penonton yang sudah hafal dengan lirik bernyanyi bersama, tapi sayang di semarang kami tidak bisa melakukan kolaborasi karena keterbatasan waktu.

Dari Semarang kita berangkat pagi buta sekitar jam 3 dini hari menuju Malang mengejar waktu, sampai di malang siang hari kita sampai di Demas cafe untuk press consfrence dengan media lokal tanpa mandi dan dandan tentunya haha. Dari dua kota sebelumnya kita sedikit mengeluh dengan cuaca yang panas, tapi di malang kita kedinginan di sambut dengan gerimis. Bale Bareng cafe venue terlihat lebih besar dari kota sebelumnya penonton di Malang juga gak kalah ramai memadati Bale Barong cafe. Brigade 07, Kobra, Crimson Diary, Lolyta And The Disgusting Trouble, Porak Poranda band Hai demos line up di kota malang. Tapi saya sangat interist melihat salah satu aksi panggung dari Lolyta And The Disgusting Trouble yang agak sedikit nyeleneh menurut saya saat Limbang sang vokalis menutup matanya dengan syal berwarna pink dan bernyanyi sambil memainkan gitarnya. Juga saat dia bilang saya kurang bahagia “Budemu” ketika meralat tulisan event book yang di baca oleh mc serentak semua penonton pun tertawa. Kolaborasi A gogo antara Morfem, Jude, The Experience Brother’s bersama semua band terlihat sempurna. Terimakasih untuk Malang subpop.

BALI ini adalah kota yang sangat di tunggu oleh rombongan Jalan darat Tour 2012 lebih dari 12 jam kita menempuh perjalanan menggunakan bis dan kapal Feri untuk menyebrang tanggal 27 kita sampai dibali waktunya untuk istirahat menikmati indahnya bali. Hari selasa tanggal 28 Febuari sore hari kita checksound bersama LO kita bernama Jony Kobra anak jakarta yang merantau di bali, wow.. Boshe ternyata gak seperti yang saya bayangkan tempat ini terlalu besar dan mewah dengan kapasitas 1500 – 2000 orang terpikir oleh saya acara ini akan sepi dengan besarnya tempat ini. Dover Clover band beraliran Rock Blues membuka pesta malam ini di lanjut The Sneakers salah satu band Punk Rock ikut meramaikan Jalan Darat Tour 2012. Di tengah acara saya di panggil oleh MC untuk naik keatas panggung untuk berbincang tentang Jalan Darat Tour 2012 ini, dan bahagia sekali ketika memandang ke arah penonton dugaan saya salah semua meja dan bangku di penuhi penonton lokal juga bule maupun turis jepang. Jude, The Experince Brother’s dan Morfem ini juga panggung pertama kali di Bali buat ketiga band Jalan Darat Tour 2012. Sebagai penutup Morfem sang jimmy turun panggung berkeliling dan mengajak penonton bernyanyi di penghujung acara lagu gadis suku pedalaman. Kolaborasi pun terjadi bersama Dover Clover, The Sneakers, Jude, The Experience Brother’s dan Morfem ber A go go ria. Di belakang panggung Onche dari SG Organizer yang menghandel Jalan Darat Tour 2012 di Bali ini berbicara ke saya Manager Boshe sangat puas dengan event kali ini, pasti bakal panggil mereka lain waktu untuk main di Boshe.

Twice bar milik Jerinx SID adalah secret show Jalan Darat Tour 2012 pada tanggal 29 Febuari di jadwalkan bakal main bareng bersama Devil Dice band milik Jerinx tapi ternyata drumer dari Devil Dice berhalangan. Rombongan Jalan Darat pun menghajar Twice bar dengan sound sederhana namun wajib hukumnya buat band luar kota yang main di bali mampir di Twice Bar  di awali dengan Jude tanpa drumernya lukman yang harus mengejar pesawat ke Jakarta untuk kuliah tapi di gantikan oleh pandu sang gitaris multi Talenta dari Morfem, The Experince Brother’s “auuuuu” suara Daud dari belakang drum selalu terucap saat bermain dari  kota ke kota. Morfem selalu menjadi band terakhir dari rombongan Jalan Darat Tour 2012 , tapi kali ini terjadi kolaborasi yang ciamik setelah Morfem. Jimmy bermain drum dan Jerinx bernyanyi membawakan lagu dari Social Distortion Freddy drummer Morfem juga gak mau kalah memainkan harmonikanya di lagu rancid.


East Conspiracy berterimakasih untuk Hai Magazine, Radix, Crooz, Provoke, Majalah Cobra, Mave Magz, Trekrs Magz, Gigs Play, Berisik Radio, Darpur Letter.com, Booze Magz, Irockumentary, SRM, Hey Folks, solo : The Thing, Semarang : Bukan Sekedar EO, Malang : Malang subpop, Bali : SG Organizer . Juga semua pihak yang telah mendukung Jalan Darat Tour 2012.

Source : Speedy Trek

No comments:

Post a Comment