Friday, August 8, 2014

FILESKI & PAPERLAND

Komunitas, syair puisi, dan ajakan positif

Fileski & Paperland adalah sebuah band yang awalnya terbentuk dari komunitas Paper pada tahun 2007, namun baru merilis album pada tahun 2013, tahun-tahun sebelumnya Fileski & Paperland hanya membuat single dan musikalisasi puisi. Arti kata Fileski & Paperland adalah “Negeri Paper”, bisa juga diartikan musik pemersatu para Paper. Sedangkan Paper yang dimaksud adalah singkatan dari Penjaga Perdamaian. Tujuan awal terbentuknya Fileski & Paperland adalah untuk mensosialisasikan komunitas Paper lewat musik agar lebih cepat menyebar ke telinga generasi muda, karena musik adalah bahasa universal yang lebih mudah diterima semua kalangan sehingga diharapkan dapat menarik minat para generasi muda untuk membentuk komunitas Paper di daerahnya masing-masing.

Keberadaan para paper yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, terpisah jarak dan waktu, daratan dan lautan menjadikan munculnya sebuah ide untuk membuat sesuatu yang bisa menyatukan emosi dan semangat para paper, yaitu dengan “musik”. Sebuah musik yang terinspirasi dari pengendapan kegelisahan dan pemikiran para paper. Filesky sebagai penggagas awal komunitas ini berinisiatif untuk membuat lagu yang terispirasi dari para paper, dalam proses penggarapannya, lagu-lagu di dalam album perdana Fileski & Paperland dikerjakan oleh ketiga personilnya: Filesky (Vocal + Violin), Faiz (Gitar), dan Awan (Drum).  Dari proses penggarapan itu, terciptalah kumpulan lagu yang merangkum semua tentang kisah para Paper dalam satu album yang diberi nama Rahasia Langit. Grup band Fileski & Paperland bergenre alternatif. Pendistribusian cd album Fileski & Paperland bekerjasama dengan Togamas Toko Buku Diskon, sebagai bonus dalam pembelian buku di seluruh Togamas yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Album perdana Fileski & Paperland dilaunching secara resmi di Rosetta’s Cafe & Resto pada 28 Februari 2013 dan bekerjasama dengan OXA Music Course yang menyediakan seluruh peralatan performen. Ditandai dengan penandatanganan cover album ukuran besar oleh para personil Fileski & Paperland dan penyerahan keeping cd album kepada Johan Budhi Sava selaku owner Togamas Toko Buku Diskon. Harapannya ke depan adalah Fileski & Paperland bisa meramaikan ranah musik tanah air dan semakin mengispirasi para paper di seluruh Indonesia untuk menebarkan syndrome perdamaian.

Launching album perdana ini juga dimeriahkan dengan penampilan lagu-lagu dalam cd yang dibawakan secara live. Selain itu juga dibacakan beberapa puisi dan musikalisasi puisi dari sebuah puisi terkenal yang berjudul “Aku” karya Chairil Anwar.  Sesuai tujuan dibentuknya Fileski & Paperland yang ingin mengangkat kegiatan bersastra melalui musik, menebarkan perdamaian melalui sastra, meredam tindak anarkis di kalangan generasi muda melalui keindahan puisi.

Member :
Filesky (Vocal - Violin)
Faiz (Gitar)
Awan (Drum)

Booking Contact :
Fileski
fileskifileski@gmail.com
+62 857 3180 3357 / +62 8888 710 313
76B3799C


No comments:

Post a Comment